Selasa, 10 September 2013

5 Tipe Guru dan Kepala Sekolah

TNC. Ada 5 tipe guru dan kepala sekolah menurut Drs Syaiful, M.Pd selaku pengawas dinas pendidikan pemuda dan olahraga (Dikpora) Kota Bima dalam kegiatan workshop pemetaan mutu pendidikan diaula SMKN 3 Kota Bima senin (9/9) pagi mengatakan "guru dan kepala sekolah sebagai salah satu penunjang mutu pendidikan" katanya. Guru dan kepala sekolah harus memahami tipenya masing-masing seperti apa.
Maka perlunya para guru dan kepala sekolah memahami tipe tersebut adapun 5 tipe tersebut menurut beliau adalah :
  1. Tipe guru dan Kepala Sekolah Wajib diantaranya berakhlak mulia, semua orang merasa senang dengan kehadirannya, semua orang merasakan manfaat dengan kehadirannya, apabila tiada semua orang merasa kehilangan.
  2. Tipe guru dan Kepala Sekolah Sunnah diantaranya berprestasi dan etosnya baik, pribadinya menyenangkan, hanya ketika tidak ada lingkungannya tidak merasa kehilangan (biasa-biasa saja).
  3. Tipe guru dan Kepala Sekolah Mubah diantaranya tidak punya motivasi dan asal asalan, tidak memikirkan kualitas dan prestasi, kehadirannya biasa-biasa saja dan ketidak hadirannya pun biasa-biasa saja.
  4. Tipe guru dan Kepala Sekolah Makruh diantaranya biang gosip, bicara sia-sia, selalu ketus, marah dan menyinggung perasaan, kehadirannya menjadi masalah, dan ketiadaannya biasa-biasa saja.
  5. Tipe guru dan Kepala Sekolah haram diantaranya ketiadaannya sangat disyukuri, kehadirannya sangat menggangu dan merugikan.                                                                                                          
"menjadi guru dan Kepala Sekolah wajib harus memiliki akhlak menawan, profesional, pribadi kredibel dan kompeten, sopan kepada siapapun yaitu guru,tata usaha, siswa, tukang kebun, penjaga malam, orang tua siswa, komite sekolah, stake holder dan tamu sekolah" lanjut belaiu

Harapan beliau agar guru dan kepala sekolah agar memilih dan menjadi tipe pertama yaitu tipe guru dan kepala sekolah wajib sehingga apa yang menjadi cita-cita bersama dan mutu pendidikan menjadi lebih baik". Alamsyah
                                                                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...