Selasa, 24 September 2013

Cara Meningkatkan Kehadiran Santri TPQ

TNC. Taman Pendidikan Al-Qur'an atau biasa disingkat TPQ, merupakan sebuah gerbang bagi anak-anak dalam mengenal agama Islam, terutama dalam hal belajar membaca Al-Qur'an. TPQ hampir ada di setiap kelurahan ataupun desa. Tapi apa santrinya selalu banyak setiap hari.? ini yang sering menjadi kendala. berikut beberapa cara dan kiat yang dilakukan oleh pengurus TPQ Lailatul Qadri untuk menjaga dan meningkatkan kehadiran santri di TPQ.

  1. Keteladanan. Keteladanan yang dicontohkan oleh guru di TPQ tersebut merupakan sebuah hal yang sangat penting. Sadar ataupun tidak sadar, sikap dan perilaku guru di TPQ akan menjadi sebuah contoh nyata yang akan ditiru oleh para santri. Keteladanan yang dicontohkan oleh gurunya inilah yang menyebabkan santri ingin terus datang ke TPQ guna mengambil contoh-contoh keteladanan dari guru-guru mereka setiap harinya.
  2. Kekeluargaan. Membangun suasana layaknya dirumah sendiri, menjadikan santri akan merasa betah di TPQ. membangun komunikasi yang baik, respek terhadap keinginan santri serta memberikan kasih sayang dan perhatian yang sama kepada semua santri tanpa membedakan satu dengan yang lainnya, menjadikan santri akan menjadi nyaman berada di TPQ dan akan hadir terus ke TPQ.
  3. Inovatif. Kegiatan di TPQ hendaknya tidaklah monoton. Selain kegiatan utama yaitu belajar membaca Al-Qur'an. Hendaknya diselingi dengan beberapa kegiatan lain yang berbau agama yang bisa menyenangkan para santri. Seperti halnya latihan kaligrafi, qasidah, drama, tari, dll. serta sesekali mengadakan permainan yang menghibur guna menghilangkan kejenuhan dari para santri.
  4. Lomba. Mengadakan sebuah lomba merupakan cara yang cukup efektif untuk meningkatkan kehadiran santri. keinginan untuk menjadi juara, menjadi pemicu santri selalu datang ke TPQ untuk giat belajar dan meningkatkan kemampuan diri.
  5. Reward. Pemberian sebuah penghargaan dan apresiasi atas kerja keras santri, menjadi sebuah pacuan semangat para santri untuk selalu datang dan aktif di TPQ. Reward bisa diberikan kepada santri yang paling rajin, aktif, pintar, ramah, dll.    
  6. Rekreasi. Mengadakan kegiatan off air yang menyenangkan tentu sangat diperlukan. setelah sekian lama dijejali dengan pejaran, adakalanya sesekali santri di ajak ketempat-tempat wisata guna menghilangkan jenuh dan juga mengembalikan semangat para santri. 
Tentu cara-cara ini bukanlah yang sempurna, namun inilah beberapa cara yang pernah kami lakukan dan terbukti berhasil. Cara-cara diatas merupakan gambaran umum dari beberapa cara yang kami lakukan. Penjabaran dari setiap item tersebut tentu akan berbeda pengaplikasiaannya, tergantung gaya penerapanan dari masing-masing pengurus berdasarkan kondisi, situasi dan karakter dari santri itu sendiri.
TPQ Lailatul Qadri berada di Lingkungan Lewiloa Kelurahan Rabadompu Timur, Kecamatan Raba, Kota Bima. Oktober mendatang, genap 1 tahun kami menjalankan TPQ ini. Alhamdulillah dari awal sampai sekarang ini, kehadiran santri mencapai 30-50 orang setiap harinya. Walaupun dikelola oleh Remaja Masjid, namun TPQ ini bisa berjalan dengan baik. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

Penulis:
Alimin Ach
Ketua Remaja Masjid dan TPQ Lailatul Qadri, Rabadompu Timur-Kota Bima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...