Minggu, 11 November 2012

SMA Salahuddin Adakan Sosialisasi Penanggulangan Bencana

TNC. SMA Salahuddin Kota Bima bekerjasama dengan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Kota Bima, Sabtu (10/11) mengadakan Latihan Sosialisasi dan Simulasi Penanggulangan Dampak Bencana Alam tingkat SMA/SLB Kota Bima Tahun 2012. 


Sosialisasi dan simulasi penanggulangan dampak bencana alam tingkat SMA/SLB kota Bima tahun 2012 tersebut dilaksanakan diaula SMA Salahuddin Kota Bima. Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah  Kepala Basarnas Kota Bima, Perwakilan BNPB Kota Bima, Kepala Sekolah Swasta (SMA Yasim, SMA PGRI, SMA Al-Ikhwan dan SMA Sinarjaya) Kota Bima, beserta guru dan siswa-siswi SMA Salahuddin Kota Bima.

Kepala Sekolah SMA Salahuddin Kota Bima, Drs. Abdul Hamid H. Arsyad dalam sambutannya mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada BPBD Kota Bima. Dengan Sosialisasi seperti ini, SMA Salahuddin dan juga peserta lainnya akan mendapatkan ilmu dan keterampilan baru dalam menghadapi situasi bencana. "dengan pertemuan ataupun latihan ini, kami bisa mendapatkan pengetahuan baru serta keterampilan baru. Baik kami selaku guru maupun siswa-siswi kami, menginggat di wilayah kita khususnya Kota Bima rawan bencana" sambutnya.

Drs. Abdul Hamid juga berharap aghar kegiatan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para peserta.  " dan harapan saya kepada seluruh peserta latihan, untuk benar-benar mengikuti acara ini sampai selesai agar kita bisa memiliki modal dalam menghadapi situasi saat ini yang sering terjadi bencana" harapnya.

Selaras dengan harapan kepala sekolah SMA Salahuddin Kota Bima, Kepala Basarnas Kota Bima juga menyampaikan kondisi Kota Bima dan sekitarnya saat ini, beliau berharap agar peserta mengikuti dengan baik kegiatan ini agar bisa siap siaga jika terjadi bencana. "harapan saya untuk peserta latihan untuk benar-benar mengikuti kegiatan ini, menginggat pelatihan ini sangat penting bagi kita dan masyarakat" harapnya.

Selain itu beliau juga menceritakan kejadian yang terjadi tadi malam sekitar jam 22.30 Wita telah terjadi gempa bumi bersekala 5 SR bertempat di sebelah barat Kel Kolo Kec Asakota Kota Bima sekitar 45 Km dengan kedalaman 12 Km. Ini merupakan suatu contoh bentuk bencana dan perlunya kita memiliki pengetahuan tentang bencana apa dan bagaimana cara kita menghadapi sesuatu hal seperti bencana gempa bumi.

Dalam kegiatan ini juga, dijelaskan sedikit juga tentang berbagai macam jenis bencana alam serta langkah-langkah untuk menghadapinya. Salah satu Tim Inspektur BNPB Kota Bima, Rimawan, ST menjelaskan secara singkat tentang macam-macam bencana alam, kecepatan, kekuatan tsunami dan tipika air tsunami serta ilustrasinya.

Peserta kegiatan sangat antusias dalam megnikuti sosialisasi ini, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta. Rati Juarti salah satu peserta pelatihan mengungkapkan "saya senang bisa mengikuti kegiatan pelatihan, ini merupakan suatu modal awal pengetahuan tentang bencana dan apa yang harus disiapkan jika bencana itu terjadi" ungkapnya. alamsyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...