Jumat, 05 Juli 2013

Tuha ro Lanti Ramai Pengunjung

TNC. Kamis (4/7) masyarakat Bima resmi memliki seorang Sultan baru, Jena Teke H. Ferry Zulkarnain, ST resmi diangkat menjadi Sultan Bima ke-16, menggantikan ayahnya Sultan Abdul Kahir II yang wafat pada 2001. Penobatan Sultan yang dikenal dengan Tuha ro Lanti ini cukup ramai, bukan hanya Sultan atau raja se nusantara yang hadir, masyarakat umum seperti, pedagang, penjual asongan, bahkan turis mancanegara juga antusias menyaksikan prosesi Tuha ro Lanti. 

Sejak pagi, masyarakat dan tamu undangan ramai-ramai memadati Asi Mbojo lokasi Tuha ro Lanti dilaksanakan. Walaupun acara baru dimulai jam 9 pagi, masyarakat sudah ada yang datang sejak jam 7 pagi. Walaupun pada awalnya masyarakat yang tidak memiliki undangan dilarang masuk, namun melihat membludaknya masyarakat yang hadir dan menyaksikan dari balik pagar, akhirnya pihak keamanan mempersilahkan masyarakat dan pedagang masuk ke arena Tuha ro Lanti.

Seperti yang diungkapkan salah satu pedagang asongan yang ditemui oleh crew TNC, Syafrudin mengungkapkan kalau dia awalnya dilarang masuk, tapi setelah beberapa jam acara berlangung barulah dia diberi ijin masuk. "tadi pagi dilarang (masuk), tapi baru saja dikasih ijin (masuk)" ungkapnya.

Pedagang asongan yang berasal dari Lombok ini ternyata cukup penasaran juga dengan adat istiadat Bima. 'saya kesini untuk melihat-lihat" katanya sambil menyaksikan suguhan tari Lenggo U'a Pua yang sedang tampil.

Senada dengan Syafrudin, seorang guru TK asal Kelurahan Sadia, Efa sengaja datang untuk menyaksikan prosesi Tuha ro Lanti ini. "saya penasan ingin liat (Tuha ro Lanti), semoga setelah ini beliau bisa memperhatikan rakyatnya" imbuhnya. alimin




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...