Minggu, 02 September 2012

SMA PGRI Terapkan Pendidikan Berkarakter

TNC. SMA PGRI Kota Bima, saat ini menerapkan pendidikan akhlak bagi seluruh siswa-siswinya melalui kegiatan keimanan dan ketaqwaan (Imtaq) yang dilakukan setiap hari Jum'at, Bapak Kaimudin, S.Pd.I selaku kepala sekolah mengatakan pendidikan akhlak sangat penting bagi siswa, selain pendidikan akademisnya. "Siswa harus memiliki modal akhlak karena kedepan mereka akan menjadi pemimpin serta pengganti generasi saat ini" katanya.
Dijelaskannya "bentuk pembelajaran utama di sekolah dalam membentuk karakter siswa adalah setiap Jum'at siswa mengikuti bimbingan rohani mengenai sikap dan perilaku manusia yang berakhlak, penerapan nilai akidah dan akhlak harus seimbang dengan materi pelajaran pada umumnya sehingga akan sejalan dengan ilmu pengetahuannya. "sangat janggal jika seseorang memiliki ilmu namun tidak berakhlak, lebih mulia jika keduanya bisa berjalan seiring" jelasnya.

Ibu Sri Wahyuningsih, S.Sos salah satu guru SMA PGRI Kota Bima mengungkapkan "Alhamdulillah kami sudah memanfaatkan waktu 15 menit sebelum memberikan materi pelajaran untuk bimbingan karakter bagi siswa-siswi, walaupun waktunya sedikit namun terus dilakukan insyallah akan membekas dan hasilnya akan nampak" ungkapnya.

"Setiap sebelum pelajaran kami mendapatkan bimbingan karakter dari guru, ini merupakan modal buat kami kedepan jika kelak menjadi pemimpin" ungkap Sri salah satu siswa kelas XII.IA

Katanya pembinaan seperti ini bukan hanya tanggungjawab sekolah saja namun juga orangtua dan masyarakat, jika ketiga unsur ini bisa berjalan bersama maka saya yakin kedepan generasi muda Kota Bima bisa memiliki kepintaran dan perilaku yang baik sesuai dengan ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya. "Saya sangat berharap agar seluruh elemen bisa memberikan pendidikan karakter dalam membentuk karakter yang baik bagi calon-calon pemimpin masa depan Kota Bima" harapnya. Alamsyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...