Selasa, 18 September 2012

Melbao Kahaba Angi Attabayyun Gateway

Trending Word Komunitas Kampung Media Kota Bima
TNC. Jambore Kampung Media baru saja berakhir, banyak cerita yang mengiringi pelaksanaan jambore tersebut. Bagi sebagian komunitas Kampung Media di daerah lain, mendapatkan penghargaan adalah topik pembicaraan yang paling hangat. Tapi lain halnya dengan Kota Bima, yang menjadi tren dan topik yang paling sering diucapkan dan didengar adalah Kahaba Angi, Melbao, Attabayyun, dan Gateway. Kok bisa.? Begini ceritanya. 

Beberapa minggu sebelum pelaksanaan Jambore, setiap Komunitas Kampung Media di Kabupaten Kota, berkumpul untuk menyusun sebuah ide kreatif penyebarluasan informasi. Dari hasil diskusi dengan Dishubkominfo, akhirnya disepakati "KAHABA ANGI" menjadi strategi andalan dari Kampung Media Kota Bima. 

Untuk lebih memahami dan mengakrabkan strategi tersebut, Kata kahaba angi selalu digunakan ketika ada informasi yang belum jelas dan perlu penjelasan lanjutan. Jika sebelumnya kalimat "nanti di sms" atau nanti hubungi lewat telpon" sering digunakan untuk meminta penjelasan lanjutan, sekarang diganti dengan "Kahaba Angi wara si info" yang artinya "saling memberi kabar kalau nanti ada informasi". Dengan singkat jadilah "Kahaba Angi" menjadi trending word bagi komunitas Kampung Media Kota Bima. 

Selain Kahaba Angi, Kata Melbao menjadi kata yang sering diucapkan oleh komunitas Kampung Media Kota Bima. Seminggu sebelum pelaksanaan Jambore, rutinitas penulisan dan mengunjungi situs Kampung Media sangat intens. Rutinitas  mengunjungi blog dan Kampung Media bertambah menjadi 4-5 kali dalam sehari, bahkan bisa lebih.

Dari rutinitas tersebut, ada hal yang menarik ketika mengunjungi situs Kampung Media. Melbao adalah   salah satu Komunitas yang beritanya selalu ada di setiap harinya, mmmm penasaran juga jadinya. Tanpa pikir panjang, crew TNC langsung saja membuka blog Melbao. Yang pertama dilihat adalah jumlah postingan dalam sebulan, Wow, dalam bulan agustus ada 42 postingan dari Komunitas Melbao. Cukup banyak bagi ukuran kami yang rata-rata 20 postingan dalam sebulan. 

Ternyata komunitas Kampung Media yang lain juga mengatakan hal yang sama, bahwa Melbao menjadi Komunitas yang paling sering muncul di beranda Kampung Media, dan postingannya cukup banyak dalam satu bulannya (khususnya Agustus). Dengan singkat, Melbao menjadi trending word bagi komunitas Kampung Media Kota Bima. Setiap "orang yang berkumpul dengan jumlah banyak", pasti di panggil dengan "Melbao". 

Beda halnya dengan Attabayyun, postingan mereka sangat sering kami lihat di Beranda Kampung Media. Bersama dengan Melbao, Attabayyun menjadi Komunitas yang kami jagokan untuk meraih salah satu penghargaan dalam Kampung Media Award. Tapi pada pelaksanaan jambore, Tidak tau kenapa, Kata Attabayyun justru sering terlontar ketika kami melihat wanita cantik. Seketika Attabayyun menjadi trending word bagi komunitas Kampung Media Kota Bima Jadilah kata "Attabayyun" kami gunakan untuk menunjukan sosok "wanita cantik". 

Tidak sampai disitu, Ketika pemaparan ide kreatif strategi penyebarluasan informasi dari masing-masing kabupaten kota, SMS Gateway merupakan program yang banyak diadopsi oleh komunitas di daerah lain. Kabupaten Dompu merupakan salah satu kabupaten yang mengadopsi program ini. 

Salah satu dewan juri mengatakan bahwa aplikasi ini tidak berjalan dengan baik, dan sifatnya berbayar. Namun Komunitas Kampung Media Dompu tetap menganggap aplikasi ini berjalan dengan baik. Ketika ditantang untuk mencobanya, ternyata memang tidak berhasil (setidaknya sampai berita ini diturunkan). 

Seketika jadilah "Gateway" menjadi trending word bagi komunitas Kampung Media Kota Bima. Setiap hal yang "berujung gagal" pasti disebut dengan "gateway". alimin          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...