Selasa, 19 Mei 2015

Nurlailah Si Pengobat Tradisional


KM TNC. Nurlailah (40) biasa dipanggil Ela merupakan seorang ibu rumah tangga asal Kelurahan Rabangodu Utara Kec Raba Kota Bima, beliau merupakan anak bunsu dari Hj Aisyah (89) seorang pengobat tradisional diwilayah setempat salah satunya penyakit Cacar Air atau Tema atau Para dalam bahasa Bima. Satu keluarga ini sudah turun temurun melakukan pengobatan secara sukarela sejak dulu.


Ela dengan bermodalkan ilmu yang diwariskan orang tuanya beliau dapat menyembuhkan penyakit Cacar Air tersebut dari pengalamannya banyak orang-orang diluar wilayahnya dari berbagai profesi pernah berobat, dengan ijin Allah 2-3 hari pasien dapat normal kembali “alhamdulillah dengan air doa seijin Allah dapat menyembuhkan cacar air tersebut dan banyak orang yang tersembuhkan bahkan ada yang datang bawah sesajian dsb salah satunya orang bali mereka sangat percaya dengan pengobatan tradisional” ungkapnya.

“penyakit ini kalau dilihat dengan kasat mata hanya bintik-bintik kecil namun sesuai pengalaman jenis ini sangat berbahaya jika ditangani sembarangan salah satunya dengan melakukan tindakan suntik itu akan berakibat fatal karena penyakit ini membuat korban terasa gatal dan panas hingga mengakibatkan kematian dan itu sudah banyak korbannya” lanjutnya.

Sesuai penjelasan beliau selain dengan tindakan dokter dengan memberikan obat saleb ada tindakan yang lebih tradisional dan tidak membutuhkan biaya yaitu cukup dengan air doa dan ulekan daun singkong sebagai salebnya insyallah dengan ijinnya bisa disembuhkan dengan catatan untuk sementara jangan sampai bagian cacar air tersebut mengenai air karena akan memperhambat penyembuhan” jelasnya.

Reni salah satunya mengungkapkan “kalau ada tumbuh cacar air saya langsung ke beliau karena beliau sudah pengalaman dalam pengobatan, alhamdulillah 2-3 hari sembuh selain itu tidak perlu mengeluarkan biaya” ungkapnya.

Dari berbagai kasus cacar air dapat menyerang siapa saja dan bagian mana saja seperti ketiak, leher, sekitar alat kelamin dsb. “Sampai saat ini saya tidak tahu sebabnya yang jelas dapat tumbuh disetiap bagian tubuh kita, namun saya sarankan bagi semua untuk selalu menjaga kebersihkan tubuh agar terhindar dari cacar air dan kalaupun terjadi agar menanganinya pada orang yang paham dengan penyakit tersebut” harapnya. Alamsyah

4 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...