Selasa, 18 September 2012

Harapan Sederhana Inaq Saleh


TNC. Siang yang panas, sambil menunggu penyeberangan Khayangan-Poto Tano, 3 komunitas Kampung Media Kota Bima yang terdiri dari Uma Solud, Rasanae Timur, dan Tembe Nggoli beristirahat sejenak di sebuah warung sederhana. Warung "Tanpa Nama" dengan ukuran 4x4 m ini, begitu sejuk dan nyaman. Beralaskan pasir, melekatkan nuansa pantai ketika beristirahat di warung ini. Sambil beristirahat, muncul sebuah harapan sederhana dari Inaq Saleh, pemilik warung sederhana ini. "ya mudah-mudahan disini juga dibangun lapak permanen" harapnya.


Harapan Inaq Saleh tentu bukan tanpa alasan, alasan tersebut muncul karena beratnya kondisi yang sekarang dialami oleh Inaq Saleh. 2 Kali sehari, anak perempuan Inaq Saleh selalu pulang kerumah untuk mengambil air. Dengan bermodalkan sepeda motor, Anak Inaq Saleh membawa 2 jirigen air setiap kali pulang kerumah. Dengan nada lirih, Inaq Saleh mengungkapkan "Disini ga ada air, air cuma buat yang didalam, kalau disini ga dikasi" ungkapnya. 

Berdasarkan pengakuan Inaq Saleh, Pihak ASDP sudah menyediakan fasilitas air bagi setiap pedagang yang menyewa lapak yang dibangun oleh ASDP. Inaq Saleh hanya bertahan beberapa bulan untuk menempati lapak tersebut. Kurangnya pelanggan, menyebabkan Inaq Saleh memutuskan untuk pindah lokasi. Inaq Saleh menjelaskan "setiap pedagang sudah dibangunkan lapak didalam, tapi didalam ga laku, akhirnya saya pindah kesini" jelasnya. 

Sekarang ini, Inaq Saleh membangun lapak sederhana di sisi sebelah timur Pelabuhan Khayangan. Lapak dibangun sendiri oleh Inaq Saleh, sedangkan tanahnya disewa di pihak ASDP sebesar Rp. 300.000/bulan. Pindah lokasi ternyata membawa keberuntungan bagi Inaq Saleh. Jika dulu dagangannya kurang laku, dilokasi sekarang Inaq Saleh bisa menghasilkan pemasukan rata-rata Rp. 800.000 setiap harinya. 

Dengan keadaan seperti itu, Inaq Saleh berharap ASDP ataupun pemerintah dapat membangunkan lapak permanen untuknya dan 3 pedagang lainnya dilokasi yang sekarang ditempatinya. "ya mudah-mudahan disini juga dibangun lapak, sama seperti yang didalam" harapnya. alimin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...