Senin, 09 Juli 2012

NTB Menjadi Embarkasi ke 12 di Indonesia


TNC. NTB akhirnya ditetapkan menjadi Embarkasi dan Debarkasi Haji mulai tahun 2012 ini. Berita bahagia ini disamput positif oleh seluruh elemen masyarakat. Tidak terkecuali warga Kecamatan Raba Kota Bima. Ketika ditemui oleh crew TNC di kediamannya Minggu (8/7), Drs. M. Saleh H. Ismail, salah satu tokoh agama di Kecamatan Raba bersyukur atas ditetapkannya NTB sebagai Embarkasi dan Debarkasi Haji. Beliau menjelaskan “seharusnya dari dulu ditetapkan, tapi kita tetap bersyukur, akhirnya NTB ditetapkan menjadi Embarkasi dan Debarkasi Haji, karena ini harapan masyarakat sejak dulu” jelasnya.


Kementerian Agama telah mengeluarkan SK nomor 71 tahun 2012 tanggal 29 Mei diktum kesatu point 12 yang menetapkan BIL sebagai Embarkasi dan Debarkasi Haji tahun 1433H/2012M. SK tersebut diserahkan oleh Menteri Agama Suryadharma Ali, Rabu (6/6) kepada Gubernur NTB, TGH M Zainil Majdi di Kantor Kementrian Agama Jakarta.

Menteri Agama, Suryadharma Ali menjelaskan bahwa Lombok menjadi embarkasi baru yang ke 12 di Indonesia. Penetapan NTB sebagai embarkasi dan Debarkasi  haji adalah dalam rangka efisiensi biaya, waktu dan tenaga sebagai upaya peningkatan pelayanan haji. “Mestinya sejak tahun 2011 lalu sudah jadi embarkasi, ini penetapan yang tertunda,” Jelasnya.

Dra. Fatmah H. Idris, Ketua Majelis Ta’lim Rw 04 Kelurahan Rabangodu Utara merasa bersyukur atas ditetapkannya NTB sebagai embarkasi dan debarkasi haji. Selaras dengan pernyataan Menteri Agama, bahwa penetapan ini tentu akan menghemat waktu dan biaya. Dra, Fatmah menjelaskan “kalau berangkat langsung dari NTB, tentu akan mengehemat biaya dan juga waktu” jelasnya.

Bukan hanya masyarakat, Gubernur NTB juga menyambut positif penetapan NTB sebagai embarkasi dan debarkasi haji. TGH, M. Zainul Majdi mengungkapkan bahwa penetapan ini adalah sebuah kepercayaan yang akan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Beliau menegaskan bahwa “NTB akan bekerja keras menjadi embarkasi terbaik di Indonesia" tegasnya.
 
Dengan ditetapkannya NTB sebagai Embarkasi dan Debarkasi Haji, maka jamaah haji asal Bali, NTB, dan NTT akan langsung diterbangkan dari Bandara Internasional Lombok (BIL). Diperkirakan sekitar 6.000 jamaah haji akan berangkat dari BIL ke tanah suci. Perinciannya sekitar 4500 jamaah haji asal NTB dan sekitar 2000 jamaah dari Bali dan NTT. Kepala Kantor Kementrian Agama NTB Drs. H. L. Suhaimi Ismy mengatakan “musim haji tahun ini para Jamaah Calon Haji (JCH) dari NTB, NTT dan Bali tidak lagi harus menempuh penerbangan regional ke Juanda. Mereka akan langsung terbang dari BIL ke Tanah Suci” katanya.alimin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...