Minggu, 15 Juli 2012

Catatan TNC Seputar MTQ Kota Bima

TNC. Jum'at (13/7) MTQ Tingkat Kota Bima Ke VII tahun 2012 resmi ditutuop. Banyak cerita yang mengiringi selama pelaksanaan MTQ tersebut, mulai dari persiapan, pelaksanaan dan hadiah. Muklis salah satu warga Rabadompu Timur, tuan rumah pelaksanaan MTQ menilai bahwa MTQ tahun ini cukup ramai dibanding tahun kemarin. Muklis mengatakan "MTQ tahun ini lebih ramai dari MTQ sebelumnya" katanya.

Bukan hanya dari segi partisipasi masyarakat, namun hadiah MTQ kali ini juga dinilai cukup mewah. Pada MTQ tahun 2012 ini, disediakan 6 unit sepeda motor untuk 6 orang juara. Secara tidak langsung hadiah ini bisa memotifasi peserta dan masyarakat untuk lebih termotifasi dalam lomba dan juga masyarakat semakin giat dalam belajar Al-Qur'an. H. Aswan mengungkapkan "hadiah MTQ jangan sampai kalah dengan lomba lainnya, agar anak-anak bisa termotifasi untuk belajar Al-Qur'an dan menjadi Qory Qoryah terbaik nantinya" ungkapnya. 

Walaupun dinilai cukup berhasil, TNC menilai MTQ kali ini masih ada beberapa catatan yang harus diperhatikan. Dimulai dari persiapan, Seperti yang dingkapkan oleh M. Nuh, salah satu panitia bahwa persiapan dimulai 5 hari sebelum pelaksanaan. Tentu persiapan yang singkat, akan menyebabkan hasilnya kurang maksimal. M. Nuh mengungkapkan "belum pernah terjadi MTQ tingkat Kota persiapannya H-5" ungkapnya. 

Pada hari penutupan juga menjadi sebuah catatan. Penjelasan terhadap penerima hadiah utama, yaitu 6 unit motor tidak begitu jelas. 6 unit motor tersebut diberikan kepada Qory dan Qoryah dewasa terbaik, Hafalan 1 juzz putra, Qory dan Qoryah Murotal terbaik dan Qoryah remaja putri. Sedangkan Qory remaja putra tidak diberikan, inilah yang sempat memicu keributan dihari penutupan. Walaupun akhirnya panitia menambah hadiah 1 unit sepeda motor, sehingga total hadiah motor menjadi 7 unit. 

Kejadian ini harusnya tidak terjadi jika panitia sudah memberikan kategori daftar penerima hadiah jauh sebelum lomba dilaksanakan. H. Saiful, orang tua salah satu peserta mengatakan "ga jelas siapan yang menerima motor, remaja putri dapat tapi kok putra ga dapat. Harusnya ada penjelasan dari awal siapa yang berhak mendapat hadiah tersebut" katanya. alimin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...