Sabtu, 07 Juli 2012

Hasil Panen di Rabangodu Selatan Melimpah

TNC. Tak terasa panen padi sudah datang. Areal persawahan yang dulunya hijau, sekarang berubah menjadi kuning. Tak seperti panen sebelumnya, panen kali ini cukup membuat petani sumringah. Bagaimana tidak, hasil panen kali ini meningkat dibandingkan panen sebelumnya. Seperti yang terpancar dari raut wajah bapak Abdullah, salah satu petani So Woto. Ketika diwawancarai oleh crew TNC pada kamis (5/7), dengan sumringah beliau mengaku "Alhamdulilah, kemarin panen 4 karung, sekarang 7 karung" akunya.


Sejak seminggu yang lalu, petani di So Woto dan So Sanggar, yang berada di wilayah Rabangodu Selatan dan Utara, sudah mulai memasuki masa panen kedua. Satu persatu para petani mengambil hasil panennya. Tahun ini, senyum sumringah dari petani, selalu terpancar saat panen. Mereka gembira karena hasil panen kali ini meningkat. 

Hasil panen yang melimpah, salah satunya didukung oleh cuaca yang sangat bagus. Apalagi hama yang selama ini menyerang padi, sudah mulai berkurang. Abdullah mengaku, "pada panen ini cuaca sangat mendukung dan stok pupuk sangat terpenuhi serta hama sangat berkurang sehingga panen tahap kedua ini meningkat dibanding tahap pertama" akunya. 

Ternyata bukan hanya Abdullah saja yang hasil panennya berlimpah. Semua petani yang ada di wilayah Rabangodu Utara dan Selatan, tepatnya yang memiliki sawah di areal persawahan So Woto dan So Sanggar juga mendapat hasil serupa. Ibu Amnah misalnya, wanita paruh baya yang berasal dari Rabangodu Utara ini sangat gembira dengan hasil panennya. Beliau menjelaskan bahwa “dibandingkat dengan tahun kemarin, hasilnya sedikit. ditambah lagi stok pupuk yang kurang serta hama. Namun alhamdulillah, tahun ini cuaca bersahabat, stok pupuk mencukupi, serta hama berkurang. 

Hasil panen yang melimpah adalah dambaan setiap petani. Didukung dengan pengairan yang bagus, cuaca yang mendukung, stok pupuk yang mencukupi, dan meningkatnya pengetahuan petani tentang pertanian, sedikit tidak akan membantu meningkatkan hasil panen petani. Amnah berharap "Mudah-mudahan hasil panen berikutnya bisa seperti ini” harapnya. alamsyah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...