Senin, 16 Desember 2013

Tradisi Tolak Bala "Ngaha Oha Dana"

TNC. Ngaha oha dana yaitu ritual tolak bala yang merupakan tradisi masyarakat dou mbojo (orang bima) pada umumnya. Tradisi ngaha oha dana biasa dilakukan ketika sebuah kampung atau desa dilanda kelaparan, bala, mati mendadak dan penyakit-penyakit lainnya yang menyerang kampung tersebut, biasa acara tersebut dipimpin oleh guru do'a atau yang dipercayakan dikampung tersebut . Seperti yang dilakukan masyarakat Rabadompu Barat kampung Rade Minggu (1/12) sore.
H Anwar selaku guru do'a mengatakan "ini merupakan salah satu bentuk ritual yang menolak bala, karena beberapa bulan ini di kampung kita banyak yang sakit baik akibat penyakit yang nampak maupun yang gaib" katanya.

"khususnya dikampung kita ini biasa kami lakukan 1 kali setiap tahunnya dan dilakukan selama 3 hari berturut-turut dengan makan nasi bubur" lanjutnya.

Marfah salah satu warga merasa senang dengan adanya acara tersebut "saya biasa mengikuti acara ngaha oha dana, soalnya kita bisa ngumpul bareng-bareng sekaligus makan nasi bubur dengan anak-anak dan para warga yang lain" ungkapnya.

Ngaha oha dana bagi masyarakat kampung rade merupakan acara tradisional yang turun temurun dilakukan masyarakat Rabadompu khususnya. Alamsyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...