Senin, 02 Desember 2013

Indahnya Pulau Satonda

TNC. Pulau Satonda yang ada di sebelah barat daya Teluk Saleh merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup menjanjikan di Pulau Sumbawa, terutama di Bima dan Dompu. Pantai Pasir Putih dan juga Danau Air Asin yang ada di pulau ini semakin memanjakan pengunjung yang datang ke Pulau Satonda. Walaupun letaknya yang cukup jauh dan memakan waktu lama, namun itu akan terbayarkan oleh keindahan yang ditawarkan oleh Pulau Satonda. Pulau Satonda sudah cukup dikenal para wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini terlihat ketika crew TNC yang berlibur kesana, terlihat sekelompok Turis Asing menggunakan kapal berukuran sedang datang untuk menikmati keindahan Pulau Satonda. Menyongsong 2 Abad Meletusnya Gunung Tambora, rugi rasanya kalau tidak menginjakan kaki di Pulau Satonda. Ayo ke Satonda.!



 Pulau Satonda letaknya cukup jauh dari pusat Kota, Jika anda mengambil rute perjalanan dari Kabupaten Dompu, Diperlukan Waktu sekitar 3 jam untuk sampai pelabuhan penyeberangan ke Pulau Satonda. Sedangkan untuk benar-benar sampai di Pulau Satonda, diperlukan waktu 15 menit dari pelabuhan ke Pulau Satonda. Jika anda menggunakan transportasi darat dari Lombok ke Pulau Satonda, akan lebih dekat jika menyeberang ke Pulau Satonda menggunakan Pelabuhan ada di Pulau Moyo Kabupaten Sumbawa.

Cukup banyak pelabuhan yang bisa digunakan untuk penyeberangan ke Pulau Satonda, seperti Pelabuhan Calabai dan Nanga Miro yang ada di Kabupaten Dompu dan juga Pelabuhan Kananga yang ada di Kabupaten Bima. Untuk biaya penyeberangan, anda tidak akan merogoh kantong cukup dalam, karena dengan 400 ribu saja, anda bersama rombongan (max 20 orang) sudah bisa menyeberang ke Pulau Satonda serta balik lagi ke Pelabuhan. Sedangkan dari pusat kota Dompu dan Bima, anda cukup membayar 50 ribu perorang dengan menggunakan bis umum dan 250-350 ribu dengan menyewa kendaraan menuju pelabuhan yang anda inginkan.

Untuk masukke Pulau Satonda, anda tidak perlu mengeluarkan uang sepersenpun, karena tidak dibebankan biaya masuk. di Pulau Satonda ini, sudah dibangun 4 unit rumah singgah dan cafe kecil untuk memanjakan para wisatawan. Danau Satonda yang merupakan salah satu Danau Air asin yang ada di Indonesia ini menjadi salah satu daya tarik dari Pulau Satonda selain pasirnya yang putih.

Wisatawan sangat kagum dengan keindahan Danau Satonda, airnya yang asin dan bersih membuat aktifitas berenang menjadi lebih asyik, karena tidak butuh banyak tenaga. Selain itu yang suka tidur diatas air, Danau Satonda menjadi tempat yang paling bagus untuk memuaskan keinginan anda. Dengan kandungan garam yang tinggi, anda akan mudah mengambang di Danau yang cukup luas ini. 

Salah satu keunikan yang ada di Pulau Satonda adalah adanya "Pohon Batu". Dinamakan pohon batu karena banyak pengunjung yang datang dan mandi di Danau Satonda menggantungkan batu di pohon yang ada di pinggir danau seraya mengucapkan permintaan mereka. Tidak jelas dari mana asal mula adanya "Pohon Batu" ini, namun sampai sekarang banyak sekali ditemukan batu-batu yang digantung disekitar pohon yang ada di pinggir Danau Satonda. Tunggu apalagi, ayo ke Satonda.! (elo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...