Sabtu, 16 Februari 2013

Tradisi Mengusir Hama Burung

TNC. Pada saat padi mulai berisi, para petani mulai disibukkan dengan aktifitas baru. Ya, setiap hari para petani sibuk mengusir burung. banyak cara yang dilakukan oleh petani di berbagai daerah untuk mengusir burung pemakan padi, diantaranya dengan cara menggunakan botol air mineral yang diisi dengan batu-batu kecil. sederhana memang, tapi alat tradisional ini cukup bisa efektif mengusiratau burung. 

Bulan Februari ini, padi yang ada di areal persawahan So Tolo Kawinda Kelurahan Rabadompu Barat, Kecamatan Raba, Kota Bima sudah mulai berisi. Pada masa ini, petani mulai disibukan dengan aktifitas mengusir burung-burung pemakan padi.

banyak cara yang dilakukan oleh eptani untuk mengusir burung, mulai dengan memasang orang-orangan sawah, membentangkan tali disepanjang sawah, membuat kentongan dari bambu, ketapel, menggunakan kayu yang panjang, dan juga menggunakan krencengan yaitu botol atau kaleng yang diisi dengan batu-batu kecil. Ketika terlihat burung-burung mulai bergerombol masuk ke sawah, seketika itu pula para petani menggoyang-goyangkan krencengan tersebut agar menghasilkan bunyi yang membuat burung-burung tersebut terbang berhamburan.

Darwis, salah seorang petani asal Rabadompu Barat mengaku sudah beberapa hari terakhir sibuk menjaga sawahnya dari serbuan burung-burung pemakan.  Sejak pagi, Darwis sudah mulai datang membunyikan krencengannya untuk mengusir burung. 


"pagi-pagi saya harus kesawah untuk menjaga padi dan mengusir burung, karena pagi mulai berbuah dan mulai berisi dan sorenya mulai jam 4 sampai jam 6" ungkapnya.  

Selain menggunakan krencengan yang terbuat dari botol air mineral, Darwis juga mengaku setiap petani memiliki pilihan tersendiri dalam memilih alat pengusir burung. "ini sudah biasa saya lakukan ketika padi sudah mulai berisi, dan ini (krencengan-red) sudah kebiasaan" ungkapnya. alamsyah

3 komentar:

  1. Solusi Jitu Menanggulangi hama burung dgn T-Mar'S Tanaman padi merupakan salah satu tanaman yang menjadi sasaran empuk bagi burung pipit dan sejenisnya, hingga tidak sedikit pula petani kita mengalami kerugian bahkan gagal panen karena padinya di serang hama burung. Berbagai macam cara petani menanggulangi padi agar tdk di makan burung serta tidak sedikit pula biaya yg di keluarkan untuk menjaga padi dari serangan burung terutama saat padi memasuki masa berbunga, berbuah, hingga panen. T-Mar'S merupakan obat khusus buat tanaman padi agar tidak di makan burung , hanya sekali pakai, padi akan terlindung dr burung hingga panen. T-Mar'S tidak mengandung bahan kimia dan bahan berbahaya lainnya (100% alami). Para petani tidak perlu lagi menjaga & khawatir lagi dengan serangan hama burung karena T-Mar'S melindungi tanaman padi dari hama burung dr semenjak di tanam hingga panen.., Sekarang giliran anda Silahkan "BUKTIKAN..!!!".. Cara Pemakaian: 200gram T-Mar'S di campur dgn benih 20kg, pencampuran di lakukan sesaat sebelum benih di tabur/di semai/benih setelah melalui proses perendaman. (lakukan pencampuran hingga merata). Catatan: T-Mar'S di gunakan hanya sekali pakai hingga padi di panen. Penggunaan kembali di lakukan pada saat menabur benih pada musim tanam berikutnya, agar tanaman padi selalu terlindungi dari hama burung. Terimakasih...!!! Bagi anda yg berminat silahkan hub: Hp: 087 786 666 123 BBM: 5FD1906D

    BalasHapus
  2. T-Mar’S merupakan produk obat pertanian yang di khususkan untuk menanggulangi hama burung. Hama burung merupakan salah satu hama yang bisa menurunkan tingkat produktifitas tanaman petani. Selama ini metode atau cara yang di gunakan petani beragam untuk menanggulangi hama burung. Mulai dari pemasangan untaian tali yang di gerakkan serta benda-benda yang menimbulkan bunyi bising, atau pemasangan plastik di seanjang area persawahan, pemasangan jaring untuk menutupi area padi. Dari kesemuanya itu tentu tidak sedikit biaya dan wkt yang di keluarkan oleh petani.

    T-Mar’S adalah ramuan tradisional alami yang penerapannya sdh teruji sangat efektif menanggulangi hama burung semenjak tahun 1994 sampai sekarang.

    Apa keunggulan dari T-Mar’S?
    -biaya yang di keluarkan cukup murah
    -waktu yang relatif singkat untuk aplikasi
    -pemakaian hanya sekali
    -tidak menggunakan bahan kimia berbahaya & sejenisnya.

    Bagaimana Cara aplikasinya?
    Aplikasi dilakukan sesaat sebelum benih padi di tabur/di semai, atau setelah di angkat dr perendaman kemudian di campur dengan benih hingga merata.
    perbandingan 200gr T-Mar'S di campur 20kg benih.

    Bagaimana cara kerja T-Mar'S?
    T-Mar'S bersifat imunitas pada tanaman padi yang melekat semenjak padi di tabur hingga panen. Zat-zat yang terkandung di dlm T-Mar'S akan bersingkronisasi terhadap tanaman padi hingga padi mengeluarkan zat beracun yang aromanya tdk di sukai burung (detoksifikasi). Dimana zat-zat yang terkandung dalam T-Mar'S berasal dr rempah-rempah yg kita konsumsi tiap hari.

    Apakah T-Mar'S tdk mempengaruhi aroma & rasa pada beras?
    jawabannya sama sekali tidak. karen bahan T-Mar'S 85% adalah bahan rempah yang kita konsumsi tiap hari. jadi aroma dan rasa beras tetap tergantung dari kualitas padi itu sendiri.

    Apa saja bahan yang terdapat dlm T-Mar'S?
    Bawang putih => mengandung minyak atsiri
    Kemiri => mengandung asam linoleat
    Jeringau => mengandung kalamediol
    Kunyit => Mengandung sesquiterpen
    Jambu biji => mengandung magnesium
    Daun jambu biji=> mengandung Astrigent
    daun jarak=> mengandung kaemfesterol
    Buah jarak=> Mengandung glukanase
    Daun srikaya=> mengandung minyak esensial
    Buah srikaya=> mengandung kilokalori

    Dimana bisa mendapatkan T-Mar'S?
    Anda bisa menghubungi Tlp/BBM kami:
    Hp: 087 786 666 123
    081 337 666 123
    BBM: 5FD1906D

    atau bisa jg mengunjungi lapak kami:

    https://www.bukalapak.com/p/hobi-koleksi/berkebun/1lyizj-jual-t-mar-s-obat-hama-burung?from=omnisearch&search_source=omnisearch_history
    ATAU...
    https://www.tokopedia.com/jayatan/t-mars-obat-ampuh-menanggulangi-hama-burung

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...