Rabu, 20 November 2013

Dompu Kaya Akan Potensi Laut



TNC. Pemuda sebagai ujung tombak pembangunan diharapkan mampu untuk memberi perubahan terhadap pembangunan di daerah, terutama didaerah kepulauan. Setidaknya itulah harapan yang digaungkan dalam Lokalatih ECV (Delta Api) dan Pemetaan Partisipatif yang dilaksanakan oleh SuKMa Simpul Sumbawa di Desa Karombo, Pekat, Kabupaten Dompu, Selasa (19/11). “Sukma ini lahir dari adanya bias pembangunan yang terjadi, terutama di wilayah kepulauan” ungkap Tjatur Kukuh selaku narasumber.


Lokalatih yang diikuti oleh sekitar 20 orang yang terdiri dari berbagai unsure yang didominasi oleh pemuda ini dimaksudkan untuk memberikan kemampuan dan melatih peserta dalam melakukan pemetaan partisipatif terkait ECV atau Delta Api (Desa Ekologis Tangguh dan Adapatif Perubahan Iklim).

Dihari pertama, Edy Susilo, S.Pi M.Si menekankan bahwa masa depan pembangunan ada di wilayah kelautan, untuk itu perlu kerjasama semua pihak dalam mendukung pengelolaan kekayaan laut yang dimiliki. “tidak bisa dipungkiri masa depan kita ada di laut” ungkap kepala bidang perikanan tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu ini.

Diakui oleh Edy, Khusus diwilayah Dompu, potensi kelautan sangat besar, apalagi di Dompu memiliki 3 Teluk yang sangat potensial, terutama di Teluk Cempi. Berbagai program sudah dirumuskan oleh DKP Dompu, namun tetap saja ada beberapa kendala terkait pemanfaatan potensi laut yang ada. “di wilayah selatan, potensi ikan tuna sangat besar, namun belum maksimal karena kurangnya armada tangkap” ungkap pria bertubuh besar ini.

Potensi yang ada, tentu perlu pemetaan dan juga penataan yang baik sehingga hasilnya akan maksimal. Untuk itu, Pemda Dompu telah menerbitkan Perda yang mengatur tata ruang pada tahun 2012. Walau begitu, pelanggaran yang dilakukan pada periode waktu sebelum 2012 itu tidak bisa ditindaklanjuti. “secara teknis, yang melanggar akan diberi sanksi disinsentif seperti penambahan jumlah pembayaran pajak oleh si pelanggar” ungkap Yani Hartono, staf Bappeda Dompu yang menjadi narasumber dalam kegiatan di Kantor Desa Karombo ini. (elo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...