Sabtu, 02 November 2013

BPBD NTB Sosialisasikan PRB

TNC. Sabtu (2/11) BPBD Provinsi NTB mengadakan sosialisasi Pengurangan risiko Bencana tahun 2013, di Hotel Marina Kota Bima. Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB, Ir. Wedha magma Ardhi, MTP mengungkapkan bahwa penanggulangan bencana bukan hanya tugas dan tanggung jawab BPBD tetapi semua unsur pemerintah. “BPBD hanya mengkoordinir, tanggung jawabnya adalah Bupati/Walikota” ungkapnya.
Penganggulangan bencana merupakan tugas semua element, baik pemerintah, masyarakat, dan juga dunia usaha. NTB merupakan salah satu daerah rawan bencana yang ada di indonesia. Untuk menghadapi bencana, Wedha mengingatkan perlunya keterpaduan unsur pemerintah dan juga masyarakat dalam menghadapi bencana. “semua element perlu dipadukan untuk menghadapi bencana” imbuhnya.

Pengurangan risiko bencana bukan hanya menjadi perhatian masyarakat Indonesia, namun juga masyarakat dunia. Indonesia dianggap berhasil dalam hal upaya penanggulangan bencana. Hal ini dibuktikan dengan dinobatkannya President SBY sebagai Global Champion for DRR.

Wedha mengungkapkan bahwa ditahun 2014, sudah ada beberapa pihak luar negeri yang mau terlibat dalam penanggulangan bencana di Indonesia. “tahun 2014 jepang melalui programnya akan membantu meningkatkan Capacity Builtding tanggap darurat bencana selama 1,5 tahun” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Asisten 3 kabupaten Bima, H. Maruf, SE. Dalam sambutannya tertulis Bupati Bima yang beliau bacakan, terdapat 100 lebih desa yang memiliki potensi bencana dan 50% desa di Kabupaten Bima berpotensi rawan bencana.

Dengan banyaknya desa yang berpotensi bencana, pada tahun 2010 lahir perda nomor 7 untuk membentuk satuan penanggulangan bencana. Maruf menjelaskan ada 3 strategi dalam pengurangan risiko bencana yang dilakukan, salah satunya adalah peningkatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana.

Selain memperkuat kapasitas masyarakat, Maruf juga menekankan pentingnya pemangku kepentingan bekerjasama dalam pengurangan risiko bencana. “saya menghimbau kepada seluruh SKPD, agar memperhatikan unsur penanggulangan bencana dalam penyusunan rencana program” katanya dihadapan 40 peserta yang hadir. (elo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...