Senin, 27 Januari 2014

Salome Ikan Asal Manggarai

TNC. "Salome" makanan yang satu ini khususnya di Kota Bima sudah menjadi primadona dikalangan anak-anak, remaja bahkan orang tua, terbukti di sepanjang jalan, gang kampung maupun kantor sampai sekolah pasti menjajakannya. Salome seperti kebanyakan yang bahan dasarnya dari daging namun, bagaimana kalau salome yang satu ini kita buat dari bahan dasarnya dari ikan segar berikut hasil wawancara crew tnc bersama seorang ibu rumah tangga asli Bima namun berdomisilir di Manggarai yang merupakan daerah penghasil ikan segar khususnya Ikan Tongkol, Tuna Putih sebut saja namanya Aminah (60) Minggu (26/01).

Salome ikan bahan dasarnya ikan segar seperti ikan tongkol dan sangat bagus menggunakan ikan tuna putih, tepung maijena, soda, marica, bawang putih, penyedap rasa, gula, garam.

Aminah mengungkapkan "biasanya ikan baunya amis namun dalam pembuatan salome untuk menghilangkan bau ikan ditambahkan dengan jahe". ungkapnya.

Pertama-tama ikan diambil dagingnya saja terus dicampurkan dengan bahan-bahan yang lain seperti tepung maijena, soda secukupnya serta bumbu-bumbu yang sudah dialuskan (marica,bawang putih,penyedap rasa,gula dan garam) secukupnya, bahan tersebut dicampur dan diaduk rata. Setelah semua bahan dicampur dan diaduk rata, air didihkan setelah itu dibuat bentuk seperti bulat-bulat hingga sampai matang dan salome siap disajikan.

Salome ikan sangat bagus untuk sebagai makanan keluarga, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi pembaca. Alamsyah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...