Rabu, 29 Januari 2014

SOMASI NTB Susun Strategi Anti Koorupsi

TNC. Hari kedua pelaksanaan Workshop Rencana Aksi Solidaritas Masyarakat Untuk Transparansi dan Jaringan Anti Korupsi di Nusa Tenggara Barat membahas rencana aksi yang dilakukan oleh SOMASI NTB, Rabu (29/1) ada beberapa isu penting yang mengemuka dalam proses diskusi yang difasilitasi oleh Yudha yang berasal dari Makasar. "kita perlu mengidentifikasi isu-isu strategis untuk kita ambil menjadi rencana aksi berdasarkan hasil diskusi kita kemarin" ungkap pria berparas oriental ini.


Berdasarkan hasil diskusi bersama, ada 5 isu strategis untuk mendukung tercapainya keberhasilan mandat yang diamatkan kepada SOMASI NTB untuk mendorong terciptanya NTB yang bersih dari korupsi.

Yudha mengungkapkan isu pertama yang menjadi strategi SOMASI NTB untuk mewujudkan mandat tersebut adalah Pengembangan Desa. Pengembangan Desa ini bisa dilakukan dengan memperkuat APBDes, Perdes, RPJMDes, dll. "karena SOMASI juga bermain di tingkat desa, kita juga perlu pengembangan di tingkat desa" ungkap ayah dari 3 anak ini.

Isu kedua menurut Yudha adalah Kelembagaan terutama untuk SOMASI berupa Kaderisasi dan juga penyediaan Data Base. Sedangkan isu ketiga adalah Pengembangan Sumber Daya Manusia. "Kemarin ada kebutuhan SOMASI akan kurangnya SDM di bidang investigasi dan juga anggaran, itu bisa kita masukan kedalam rencana aksi untuk meningkatkan SDM" ungkap Yudha.

Isu keempat adalah Pengembangan Jaringan. Jaringan yang dikembangkan bukan hanya di tingkat desa dan juga kabupaten, melainkan lebih luas hingga tingkat nasional dan internasional.

Sedangkan isu yang kelima hasil dari masukan Lucky Djani, Isu Strategis yang perlu diangkat adalah Gerakan Anti Korupsi yang perlu ditingkatkan lagi. Gerakan Anti Korupsi ini berkaitan regulasi terkait dengan pemberantasan korupsi, komitmen pemerintah dan juga stakeholder yang ada terkait dengan pemberantasan korupsi. Hal ini ditunjukan dari political will dari pengambil kebijakan. Lucky Djani juga menekankan pentingnya mencari sekutu untuk mendukung gerakan anti korupsi. (elo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...