Kamis, 23 Januari 2014

"Harum" Toilet Terminal Mandalika Menusuk

TNC. Jika anda ke NTB tepatnya ke Mataram, pernahkah singgah di Terminal Mandalika.? Bagi mahasiswa yang berasal dari Bima, Dompu ataupun Sumbawa yang kuliah di Mataram tentu tak asing dengan terminal ini. Tapi pernahkah anda menengok ke toiletnya.? Toilet dengan ukuran sekitar 2x2 meter ini kondisinya masih bagus namun kurang terawat dengan baik dan tidak nyaman, setidaknya untuk toilet pria. "bau toilet yang cowoknya menusuk hidung" ungkap salah satu mahasiswa asal bima di terminal Mandalika, Mataram, Selasa (21/1).


Dalam mendukung target pemerintah untuk menaikan jumlah wisatawan di NTB. Perbaikan fasilitas umum tentu sangat diperlukan, tak terkecuali toilet yang ada di fasilitas umum seperti terminal. Seakan sudah menjadi hal biasa, jika toilet di tempat umum dipersepsikkan sebagai tempat yang kotor dan bau.

Beberapa waktu lalu saya melakukan sebuah perjalanan dari Mataram ke Bima, Karena harus menunggu beberapa puluh menit, saya akhirnya menyempatkan diri untuk BAK di toilet umum yang ada di sebelah timur terminal. Toilet di terminal Mandalika kondisi bangunannya masih cukup terawat, hanya bagian bawah dari pintu masuknya saja yang sudah sedikit rusak karena sering terkena air. Toilet laki-laki dan perempuan kondisinya hampir sama, namun hanya baunya yang tidak sama. bau pesing yang teramat menusuk hidung sangat membuat saya tidak nyaman, sama halnya dengan teman saya yang sama-sama "menikmati" aroma yang tidak enak di Toilet ini. Petugaspun akhirnya menyuruh kami masuk ke toilet wanita. kondisinya bersih dan tidak berbau.

Seperti kebanyakan toilet di tempat umum lainnya, untuk "menikmati" pelayanan di toilet inipun anda harus merogoh kocek setidaknya 1000 rupiah. Petugas penjaga mengaku hasil yang didapat akan dibagi dengan dinas perhubungan. "hasilnya dibagi, kalau ga dibagi mungkin kita sudah kaya" ungkap petugas dengan rambut gondrong ini. 

Kondisi toilet yang bau dan kotor menyebabkan kenyamanan pengguna toilet di terminal Mandalika ini berkurang. Bukan hanya tanggung jawab petugas penjaga ataupun dinas perhubungan, namun pengguna toiletpun harus sama-sama menjaga kebersihan guna mewujudkan kenyamanan bersama. Ini hanyalah contoh kecil kondisi fasilitas umum di NTB khususnya lagi toilet di Terminal Mandalika, saya rasa kondisi toilet di terminal lainnyapun hampir sama keadaannya, semoga kedepan kondisi ini bisa lebih baik lagi guna mendukung target pemerintah dan mewujudkan NTB Bersaing. (elo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...