Selasa, 19 Juni 2012

Wanita Mulia Disisi Allah SWT

TNC. Islam sangat memuliakan dan mengagungkan kedudukan kaum perempuan. Allah SWT berfirman, yang artinya: “Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya” (QS Ar Ruum: 21). Tapi dijaman sekarang, banyak yang bilang jadi wanita (baca: muslimah) itu susah. Apa alasannya.?


Wanita itu sungguh mulia kedudukannya disisi Allah SWT, terutama ketika mereka sudah menjadi seorang ibu. Sebuah hadits yang diriwayatkan Nasai’, Ahmad, Thabrani, Baihaqi, al-Hakim, dan al-Khatib melalui Ibn Juraij dari Muhammad bin Thalhah bin Abdurrahman dari Mu’wiyah bin Jahimah as-Salami bahwasanya Jahimah pernah datang menemui Nabi, lalu berkata, “Wahai Rasulullah, aku ingin pergi jihad dan sungguh aku datang kepadamu untuk meminta pendapatmu.”Sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, Beliau berkata, “Apakah engkau masih mempunyai ibu?” Ia menjawab, “Masih.” Lalu, beliau berkata, “Hendaklah engkau tetap berbakti kepadanya karena sesungguhnya surga itu di bawah kedua kakinya.” Menurut Albani, hadis dari Mu’awiyah bin Jahimah di atas sanadnya hasan, sedangkan al-Hakim menganggapnya hadis sahih dan itu disepakati Imam al-Zahabi.

Tapi kenapa masih banyak yang bilang menjadi wanita (baca: muslimah) itu berat.? ini dia alasannya:
  1. Wanita auratnya lebih susah dijaga (lebih banyak) dibanding lelaki.
  2. Wanita perlu meminta izin dari suaminya apabila mau keluar rumah tetapi tidak sebaliknya.
  3. Wanita saksinya (apabila menjadi saksi) kurang berbanding lelaki.
  4. Wanita menerima warisan lebih sedikit daripada lelaki.
  5. Wanita perlu menghadapi kesusahan mengandung dan melahirkan anak.
  6. Wanita wajib taat kepada suaminya, sementara suami tak perlu taat pada isterinya.
  7. Talak terletak di tangan suami dan bukan isteri.
  8. Wanita kurang dalam beribadat karena adanya masalah haid dan nifas yang tidak ada pada lelaki. .

Itu sebabnya banyak munculnya keinginan untuk penyetaraan gender, emansipasi wanita, dan apapun yang bertujuan seperti itu. Tapi jika mereka menyadari mulianya wanita disisi Allah SWT, seperti yang diuraikan berikut ini. Mereka pasti akan bahagia menjadi seorang wanita (baca: muslimah). wallahu a'lam

  1. Benda yang mahal harganya akan dijaga dan dibelai serta disimpan ditempat yang teraman dan terbaik. Sudah pasti intan permata tidak akan dibiarkan berserakan di pinggir jalan bukan? Itulah perbandingannya dengan seorang wanita.
  2. Wanita perlu taat kepada suami. Bahwa sesungguhnya lelaki wajib taat kepada ibunya 3 kali lebih utama daripada kepada bapaknya.
  3. Wanita menerima warisan lebih sedikit daripada lelaki, tetapi bahwa harta itu menjadi milik pribadinya dan tidak perlu diserahkan kepada suaminya. Sementara apabila lelaki menerima warisan, ia perlu/wajib juga menggunakan hartanya untuk isteri dan anak-anaknya.
  4. Di akhirat kelak, seorang lelaki akan mempertanggungjawabkan terhadap 4 wanita, yaitu : isterinya, ibunya, anak perempuannya dan saudara perempuannya. Artinya, bagi seorang wanita, tanggung jawab terhadapnya ditanggung oleh 4 orang lelaki, yaitu : suaminya, ayahnya, anak lelakinya Dan saudara lelakinya.
  5. Wanita perlu bersusah payah mengandung dan melahirkan anak, tetapi bahwa setiap saat dia didoakan oleh segala makhluk, malaikat dan seluruh makhluk ALLAH di muka bumi ini, dan tahukah jika ia mati karena melahirkan adalah syahid dan surga menantinya.
  6. Seorang wanita boleh memasuki pintu syurga melalui pintu surga yang mana saja yang disukainya, cukup dengan 4 syarat saja, yaitu: shalat 5 waktu, puasa di bulan Ramadhan, taat kepada suaminya dan menjaga kehormatannya.
  7. Seorang lelaki wajib berjihad fisabilillah, sementara bagi wanita jika taat akan suaminya, serta menunaikan tanggungjawabnya kepada ALLAH, maka ia akan turut menerima pahala setara seperti pahala orang pergi berjihad fisabilillah tanpa perlu mengangkat senjata.

Masya Allah..!! Demikian sayangnya ALLAH SWT kepada wanita.

Sebagai Dzat yang Maha Pencipta, maka sudah pasti Allah SWT yang Maha Tahu akan manusia. Sehingga segala hukumNya/peraturanNya, adalah yang terbaik bagi manusia dibandingkan dengan segala peraturan yang dibuat manusia. Jagalah isterimu karena dia perhiasan, pakaian dan ladangmu, sebagaimana Rasulullah pernah mengajarkan agar kita (kaum lelaki) selalu berbuat baik kepada isteri.

Rasulullah SAW bersabda bahwa ketika kita memiliki dua atau lebih anak perempuan, mampu menjaga dan mengantarkannya menjadi muslimah yang baik, maka surga adalah jaminannya. Berbahagialah wahai para muslimah. Tunaikan dan tegakkan agamamu, niscaya surga menanti. wallahu a'lam bishawab


Sumber : Majalah muslimah 2004
Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Kamis, 17 November 2011/21 Dzulhijjah 1432

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...