Sabtu, 09 Juni 2012

MTQ, Wadah Memperkuat Kerukunan Beragama

TNC. Jum'at (8/6), MTQ tingkat Kecamatan Raba, secara resmi dibuka oleh Walikota Bima H. M. Qurais H. Abidin. Selain agenda tahunan dari Pemerintah, MTQ ini diharapkan menjadi wadah untuk memperkuat kerukunan antar umat beragama. Walikota Bima H. M. Qurais H. Abidin dalam sambutannya mengungkapkan "mudah-mudahan MTQ bisa menjadi Rahmatan Lil 'Alamin" ungkapnya. 

MTQ tingkat Kecamatan Raba yang ke-IV ini, diikuti oleh 139 peserta dan 44 regu. MTQ Tingkat Kecamatan Raba yang menghabiskan dana 90 juta ini, dilaksanakan di Kelurahan Rabadompu Barat, dengan mengambil tema "Melalui MTQ kita tingkatkan Ukhuwah Islamiah". Ketua Panitia Drs. Jufri M.Si, menjelaskan bahwa "MTQ ini diharapkan menjadi wadah untuk membumikan Al-Qur'an. Sehingga terbentuk generasi yang bisa membaca, menghafal, dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an, sebagai perwujudan  program Magrib Mengaji & Bima Berzakat" jelasnya. 

Dengan jumlah umat Muslim sekitar 98%, diharapkan kerukunan dengan umat agama lain dan sesama umat Muslim selalu terjaga di Kota Bima. Bapak Walikota dalam sambutannya, juga memberikan contoh, bagaimana toleransi beragama itu sangat terasa di Ambon. "Setiap ada kegiatan keagamaan seperti MTQ, agama lain seperti Kristen dan Hindu, selalu membantu dalam kepanitiaan" ungkapnya. Ini menunjukan telah terbentuknya kerukunan antar umat beragama yang baik. 

Hal positif ini seharusnya bisa dicontoh di Kota Bima yang 98% penduduknya beragama Islam. Bapak Walikota justru merasa heran, karena yang terjadi justru terjadinya perselisihan sesama umat Muslim. Perbedaan pendapat merupakan hal yang biasa di era demokrasi, tapi demokrasi di Indonesia sering kebablasan. Bapak Walikota H. M. Qurais H. Abidin mengungkapkan "setiap masalah mari kita duduk bersama untuk memperbaiki, agar Kota Bima ini Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur" ungkapnya. alimin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...