Selasa, 12 Juni 2012

Susahnya Mencari "Orang Bijak Taat Pajak"

TNC. Orang Bijak Taat Pajak, tapi kenyataannya.? masih banyak yang tidak mau membayar pajak. Untuk itu, Kelurahan Rabadompu Timur melakukan aksi jemput bola. Yaitu dengan door to door mendatangi para wajib pajak, diharapkan dengan cara ini pendapatan dari sektor pajak meningkat. H Ismail, Kaur Keuangan Rabadompu Timur menjelaskan "yang belum bayar pajak, kita datangi rumahnya satu persatu" jelasnya.

Sudah sejak 2 bulan lalu, H. Ismail berkeliling untuk menagih pajak. Tapi sampai sekarang, masih ada saja yang belum mau bayar pajak. Menagih masyarakat untuk membayar pajak, tentu tak semudah membuat pisang goreng. Apalagi urusannya berkaitan dengan uang, banyak alasan untuk berkelit, walaupun sekedar untuk menunda bayar pajak. H. Ismail mengungkapkan "setengah mati nagih pajak ke masyarakat, kalau alasannya belum punya uang, kita mau apa lagi" ungkapnya. 

Dibawah terik matahari, diselimuti keringat. H. Ismail tetap saja tabah menagih pajak ke rumah warga. Diakuinya bahwa setiap rumah, rata-rata sudah 4-5 kali didatangi, tapi masih saja belum mau membayar pajak. Keadaan sosial masyarakat yang berbeda-beda, menjadikan membayar pajak serasa menjadi beban. Walau demikian, kewajiban tetaplah kewajiban, dan harus dipatuhi. Seperti yang diungkapkannya ketika mendatangi Base Camp TNC, H. Ismail mengaku "kalau yang langsung bayar, seperti mas ini, enak. Tapi kalau ada yang belum mau bayar, ya kita sabar saja, nanti kalau sudah punya uang, mungkin akan bayar, inikan kewajiban" akunya. alimin

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...