Rabu, 24 April 2013

BPBD Dan LP2DER Gelar Diklat dan Penyuluhan PB



TNC. Selasa (23/4) kemarin, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kota Bima dan Lembaga Pengembangan Partisipasi Demokrasi dan Ekonomi Rakyat (LP2DER) menggelar latihan bersama. Mereka mengadakan pelatihan penanggulanga bencana alam. 


Ketua Panitia kegiatan Diklat dan Penyuluhan Tim Penaggulangan Bencana dan Relawan Kota Bima Drs H.Syafruddin, M.AP mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan 100 peserta. Baik dari lembaga pemerintahan, maupun dari daerah binaan LP2DER. “Kegiatan ini, sebagai upaya kita meningkatkan pemahaman cara menanggulangi bencana,” ujarnya.

Dari 100 orang peserta tersebut, untuk perwakilan Pol PP Kota Bima, Taruna Siaga Bencana (Tagana), Pemadam Kebakaran (PMK), TRC BPBD, Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), TSBK (Tim Siaga Bencana Kelurahan), Kesbanglinmas, diwakili masing-masing  10 orang.  Selain itu, perwakilan masing-masing SKPD juga diikutsertakan. 
“Enam Kelurahan  binaan LP2DER juga ikut. Yaitu Kelurahan Kendo, Ntobo, Nungga, Jatiwangi, Tanjung dan kolo,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, peserta akan diberikan materi dan simulasi. Dengan harapan, selain mendapatkam materi, mereka juga langsung bisa menerapkan materi tersebut. “Untuk materinya, hanya 30 persen saja. Sementara simulasinya, 70 persen,” ujar sekretaris BPBD Kota Bima ini.

Sementara itu, Wakil Walikota Bima HA Rahman H Abidin dalam sambutanya mengatakan, kegiatan tersebut sangat diperlukan. Apalagi, bencana alam bisa terjadi sewaktu-waktu, tanpa bisa diprediksi. “Tidak ada satu orang pun diantara kita yang dapat mengetahui kapan terjadinya bencana alam,” ujarnya.

Calon Wakil Walikota Bima ini juga menegaskan, dengan kondisi bencana alam yang datang tiba-tiba, kemampuan dan pemahaman penanganan bencana harus ditanamkam sejak dini. Jika bencana terjadi tiba-tiba, masyarakat Kota Bima yang telah mengikuti pelatihan tersebut sudah memiliki bekal. “Makanya saya minta, silakan diperhatikan penyampaian materi dengan sebaik-baiknya. Biar kelak, dapat diterapkan pada kondisi riil di lapangan,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, pria yang akrab disapa Aji Man ini juga memuji keberhasilan BPBD Kota Bima. Beberapa waktu lalu, BPBD Kota Bima mendapatkan juara dua dari 366 BPBD se Indonesia dalam lomba Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan dan Akuntabilitas dan Tertib Administrasi. “Diumurnya yang baru beberapa tahun ini, BPDB Kota Bima telah mendapatkan prestasi yang luar biasa. Ini patut kita berikan apresiasi,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Aji Man juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada OXFAM melaui LP2DER. Karena, mereka telah ikut membantu BPBD menciptakan masayarakat yang tangguh terhadap bencana. 

Dalam kegiatan ini yang menjadi narasumber adalah selain dari BPBD dan LP2DER juga dari TNI, Polri, SAR, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial.
Senada dengan Wakil Walikota Bima, Kepala BPBD Kota Bima Drs H Fahrunraji MAp juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada LP2DER. 

Kata Fahrunraji, keterlibatan LP2DER yang mendapatkan bantuan dan dukungan Internasional Pemerintah Australia (AusAID), melalui Australia- Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR) dan ECHO telah banyak membantu masyarakat Kota Bima. Terutama upaya mereka dalam menanamkan kemampuan menangani bencana kepada masyarakat Kota Bima. “Mudah-mudahan kerjasama dengan OXFAM  dan LP2DER ini bisa berlanjut. Tidak hanya untuk beberapa kelurahan saja, tapi kita harapkan 39 kelurahan juga ikut dibina. Sehingga, kita dapat ciptakan Kelurahan yang tangguh,” pungkasnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...