Rabu, 12 Februari 2014

Pisau Kukus Buatan Ina Mina

KM TNC. Pisau Kukus merupakan salah satu jenis jajanan atau kue basah yang bahan bakunya dari pisang dan tepung yang dikukus. Pisau kukus ini merupakan pemanfaatan pisang yang sudah terlalu masak disulap menjadi kue untuk disantap bersama keluarga, jajanan kue yang satu ini biasa orang-orang Manggarai sebut pisau kukus. Aminah yang biasa disapa Ina Mina salah satunya seorang ibu rumah tangga asli Bima yang tinggal di daerah Manggarai nusa tenggara barat setiap berlibur di daerah asalnya Bima beliau selalu membuat jajanan yang bahan bakunya dari pisang karena di daerah tersebut merupakan penghasil pisang. Berikut hasil liputan crew TNC saat ditemui dirumah kediamannya kelurahan Rabadompu.
Pembuatan pisau kukus sangatlah mudah dan tidak membutuhkan biaya yang banyak, adapun bahan-bahanyang disiapkan diantaranya pisang, terigu, santan kelapa, gula, garam dan daun pandan.

Pertama-tama pisang yang sudah terlalu matang di haluskan dengan campuran bahan-bahan tadi sehingga sampai tercampur semua seperti adonan dan dimasak/kukus dengan menggunakan bentuk cetakan sampai setengah matang setelah itu ditaburi adonan tepung diatasnya yang sudah dicampuri dengan daun pandan yang sudah dihaluskan setelah itu dimasak lagi sampai matang.

Kukus pisau tadi sampai semuanya matang merata maka kue kukus tadi siap dihidangkan, sebagai tambahan makin enak kue kukus tersebut disantap setelah disimpan dalam kulkas. 

Itulah sedikit informasi tentang pemanfaatan pisang yang sudah hampir tidak layak pakai, Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba. Alamsyah    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...