Selasa, 10 Februari 2015

Masjid Besar An-Nur Rabadompu Barat

KM TNC. Masjid besar An-Nur merupakan mesjid kebanggan masyarakat Rabadompu Barat Kecamatan Raba Kota Bima, masjid ini berada dijalan Ir.Soetami Rt 14 Rw 05 depan jalan propinsi Bima-Sumba NTT. Berikut kutipan pewawancara crew TNC Alamsyah bersama pengurus Masjid An-Nur Rabadompu H. Muhtar AB saat ba'da Magrib di Masjid setempat Senin (09/02).
Masjid An-Nur Rabadompu berlokasi di Jalan Ir. Soetami Rt 14 Rw 05 Kelurahan Rabadompu Barat Kecamatan Raba Kota Bima dengan luas area sekitar 1 Ha, arsitektur/ornamen masjid seperti yang dituturkan pengurus bahwa bentuk masjid ini seperti yang ada di Jakarta dengan berlantai dua dan tidak diketahui bentuk aslinya selain itu arsitekturnya sesuia dengan keinginan para arsitek dari Jawa.
Masjid An-Nur Rabadompu berdiri pada tahun 1957 tepatnya tanggal 15 Juli yang sekaligus merupakan peletakan batu pertama oleh H Ahmad Nuhu selaku perencana dan H Burhan selaku pendana yang saat ini berada di Jakarta asli putra Bima.
Namun konon cerita para tertua, Masjid pertama yang ada di Kelurahan Rabadompu berada di tengah kampung dan menurut sejarah tidak diketahui tahun berapa mulai berdiri dan saat itu hanya bentuknya seperti bagunan rumah yang menggunakan tiang-tiang kayu dan bambu karena keadaan saat itu masyarakat mulai banyak para perantau asal Bima merencanakan dan mendanai pembangunan Masjid Besar An-Nur sampai saat ini berdiri.
Dalam pembangunannya sudah dilakukan 4 kali renovasi dan pada tahun 1997 dilakukan rombak total.
Potensi serta keunikan Masjid An-Nur ini saat dilakukan rombak total para Arsitektur pondasi Masjid ini menurut cerita dengan kontruksi yang ada bisa ditingkat sampai lantai berapapun tidak ada masalah karena pondasi yang kuat dan satu-satunya di NTB walaupun gempa yang kuat tidak akan bisa mudah roboh salah satunya gempa tahun 2006 hanya terjadi retakan sehingga saat itu tembok menggunkan kramik dirubah menggunkan kaca fiber.
Selama berdirinya Masjid An-Nur baru 3 kali terjadi perubahan pengurus masjid diantaranya pengurus pertama Drs. H. Darwis, pengurus kedua H. Yasin Oja dan pengurus ketiga sampai saat ini H. Fahruraji dengan H. Muhtar AB selaku bendahara.
Saat ini pembangunan Masjid An-Nur Rabadompu merupakan salah satu masjid yang sudah di SKkan oleh Pemerintah Kota Bima dalam hal pendanaan sehingga bantuan Pemerintah Kota sampai saat ini hampir sampai ratusan juta dan selain itu kontribusi masyarakat sekitar dalam pembangunan masjid tidak kalah besar sampai saat ini sudah sekitar 100 Ha tanah yang diwakafkan untuk dilelang. 
Dalam pembangunannya Masjid An-nur dibantu oleh organisasi-organisasi Masjid diantaranya BKM (Badan kesejahteraan masjid) dan Remaja Masjid dalam rutinitasnya Masjid An-Nur melakukan berbagai kegiatan rutin diantaranya Gotong royong membersihkan masjid setiap hari jum'at, Yasinan bersama setiap malam jum'at, ceramah agama, pembinaan jama'ah, majelis ta'lim baik dari kelurahan maupun majelis ta'lim Pemerintah Kota Bima.
Kegiatan tahunan yang dilakukan diantaranya peringatan hari-hari besar islam dan MTQ dilakukan dimasjid tersebut.
Bentuk-bentuk toleransi antar umat beragama masyarakat agama lain sangat aktif dalam pendanaan kegiatan yang dilakukan oleh para pengurus maupun remaja masjid diantaranya pengumpulan dana untuk pembangunan masjid maupun partisipasi dalam kegiatan keagamaan.
Kegiatan pembinaan yang dilakukan diantaranya kultum, ceramah agama saat ba'da magrib, pembinaan jama'ah seta majelis ta'lim.
H Muhtar AB mengungkapkan "perlu adanya buku seperti ini yang dibuat oleh instansi secara keseluruhnya sebagai infentaris Masjid baik Desa maupun Kelurahan dan saya berharap mudah-mudahan dengan adanya buku ini dapat memberikan informasi yang lengkap bagi generasi muda tentang sejarah masjid baik yang ada di Kota Bima maupun NTB pada keseluruhannya" harapnya. Alamsyah 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...