Sabtu, 29 Juni 2013

KM Kota Bima Berkunjung Ke Istana Kesultanan Sumbawa

TNC. Minggu (23/6) KM Kota Bima melakukan berbagai kegiatan sebelum kegiatan temu kreatif  di Mataram dengan mengunjungi Kesultanan Sumbawa. 5 KM Kota Bima mengawali Jelajahnya dengan mengunjungi Istana Dalam Loka, Bala Putih dan Bala Kuning, koordinator KM Kota Bima Ruslan ,S.Sos mengatakan "kegiatan ini dalam rangka jelajah (jejak langkah sejarah) tentang kesultanan sumbawa dimana dalam sejarah budaya bahwa kesultanan sumbawa masih satu keluarga dengan kesultanan bima" katanya.
Dalam kegiatan kunjungan di 3 tempat sejarah tersebut seluruh komunitas KM Kota Bima mendapatkan kehormatan bertemu langsung dan berbincang-bincang dengan keturunan sultan sumbawa kakak dari sultan sumbawa sekarang Sultan Kaharuddin IV Hj. Nindo Siti Rahayu atau Daeng Nindo di kediamannya Bala Kuning.

Beliau menjelaskan bahwa Keberadaan Sultan Sumbawa yang dilantik tahun lalu adalah murni sebagai mitra Pemerintah dalam rangka pelestarian budaya SAMAWA. Dalam perangkat kelembagaan Kesultanan Sumbawa bernjenjang jabatan2 adat sampai ke tingkat desa dan dusun. Keberadaan Kesultanan Sumbawa didukung penuh oleh PEMKAB.SUMBAWA Dan KSB.

Setelah puas melakukan kunjungan para rombongan melanjutkan perjalanan ke Kota Mataram esok harinya. Alamsyah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...