Sabtu, 15 Juni 2013

Blangko Akte Kelahiran Di Serbu Masyarakat

TNC. Jum'at (14/6) Kantor Catatan Sipil Kota Bima diserbu masyarakat, mungkin anda beranggapan bahwa masyarakat melakukan demo atau sebaliknya namun ternyata itu semua adalah masyarakat melakukan pembuatan akte kelahiran anak-anaknya. Muncul pertanyaan kenapa begitu banyak masyarakat baru membuat akte kelahiran? ternyata jawabannya adalah paska dihapusnya aturan yang mengharuskan anak umur diatas 1 tahun harus melalui pengadilan dan membutuhkan biaya yang besar sehingga ketika pemerintah melakukan penghapusan aturan tersebut berbondong-bondong masyarakat melakukan pembuatan akte kelahiran tersebut, seperti yang diungkapkan salah satu pengawai setempat sebut saja Nuning mengatakan "paska dihapusnya aturan tersebut masyarakat mulai ramai datang untuk membuat akte kelahiran" katanya di tempat kediamannya di Kelurahan Rabadompu Barat. 
"sampai-sampai dalam 1 minggu bisa menghabiskan 1000 lembar blangko akte kelahiran dan sekarangpun masih banyak yang mengantri menunggu lembaran kosong itupun kami harus kirim dulu uang dan sekitar sebulan lagi" lanjutnya.

Harapannya agar ada bantuan dari pemerintah terkait mengadaan blangko akte kelahiran ini agar masyarakat dapat mendapatkan akte kelahiran lebih cepat dan agar tidak menunggu, menginngat masyarakat saat ini banyak membutuhkan akte tersebut" harapnya.
 
Purnamawati salah satu ibu rumah tangga mengungkapkan "dari dulu saya berencana untuk membuat akte anak saya namun karena kendala harus melalui pengadilan sehingga membuat saya enggan mengurusnya dan alhamdulillah setelah aturan tersebut dihapus saya langsung membuat akte kelahiran anak saya yang umurnya 3 tahun" ungkapnya saat ditemui crew TNC dikediamannya.

Hal senada juga diungkapkan ibu Neneng "saya juga, bahkan sampai-sampai anak saya 4 orang langsung saya urus semua, numpung ada kemudahan nanti takutnya aturan tersebut berlaku lagi" ungkapnya dengan rasa cemas. Alamsyah

1 komentar:

  1. jangan hanya di raba dompu z yg dibagi .. kalo bisa merata seluruh lapisan masyarakat kota bima.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...