Kamis, 13 Maret 2014

Bedi O'o Mainan Tradisional Anak Kampung

KM TNC. Rabu (12/03) Dengan perkembangan teknologi dan informasi di zaman ini, mulai dari alat komunikasi sampai sarana permainan anak-anak serba moderen salah satunya senjata, yang dimana terbuat dari bahan aluminium dsb dengan desain yang bagus dan menarik bagi anak-anak namun, bagi anak-anak kampung Rade kelurahan Rabadompu Barat mereka lebih tertarik memburu serta merakit senjata mainan sendiri yang bahan dasarnya dari bambu sebut saja Bedi O'o atau dalam bahasa Indonesia senjata yang terbuat dari bambu yang beramunisikan kertas merupakan salah satu permainan tradisional yang sering dan masing dilakoni anak-anak khususnya Bima Dompu disaat sekarang.
Akbar siswa kelas 5 SD di Kota Bima sehabis pulang sekolah atau saat libur bersama teman-temannya berburu bambu untuk dibuat mainan sejenis senjata "saya dan teman-teman pergi mencari bambu buat senjata mainan" ungkapnya saat merakit senjata  buatannya dilingkungan setempat.

"biasanya kami lakukan pas hari libur atau sepulang sekolah" lanjutnya.

Saat crew TNC menanyakan kenapa tidak memilih mainan yang dijual dipasaran mereka tersenyum malu dan memberikan komentar "mainan yang dijual dipasar mahal dan terbatas dibanding mainan yang kami buat sendiri tidak mengeluarkan uang alias gratis" ungkap Ardiansyah satu dari 4 sekawan tersebut.

"selain itu senjata mainan dipasaran besar resikonnya dibanding mainan buatan kami yang bahan amunisinya hanya dari kertas saja sehingga tidak membahayakan kami sedangkan mainan yang dijual bisa sampai mata menjadi buta" lanjutnya dengan lunggunya. Alamsyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...