Rabu, 01 April 2015

Manfaat Jerami



KM TNC. Mungkin sebagian orang banyak yang tidak mengenal atau mengetahui manfaat jerami bagi kita, Pemanfaatan jerami tidak jauh berbeda dengan pemanfaatan tumbuhan/pohon lain seperti kelapa yang semuanya bisa dimanfaat bagi kebutuhan sehari-hari begitu juga jerami (padi) diantaranya sebagai bahan cadangan pakan hewan ternak ketika musim kemarau dan arang hasil pembakaran jerami bisa dimanfaatkan oleh warga sebagai pupuk tanaman dll.

Seperti yang biasa dilakukan Santi warga Rabadompu memanfaatkan jerami bekas pembakaran oleh para petani sekitar sebagai bahan untuk membersihkan perabotan rumah tangga “saya manfaatkan untuk membersihkan perabotan dan sudah dari dulu orang-orang tua memanfaatkan untuk membersihkan perabotan rumah tangga yang sudah hitam maupun berkarat dan itu sangat membantu” ungkapnya dilingkungannya.
Setiap paska panen dan memasuki panen berikutnya para petani biasa melakukan pembakaran jerami dan hal itu sangat membantu warga sekitar untuk memanfaatkannya.
“selain itu saya juga memanfaatkannya sebagai pupuk bagi tanaman saya seperti tomat, cabe dll” lanjutnya.
Lain halnya M Said memanfaatkan jerami sebagai bahan atap parugak (salaja) dan masih bisa kita jumpai di sekitar sawah tempat kita tinggal “kami juga manfaatkan untuk atap salaja” ungkapnya. Alamsyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...