Jumat, 09 Maret 2012

Masyarakat Nggaro Nangga Wajib Tersenyum


TNC (9/3/12). Selama ini masyarakat Kelurahan Kendo khusunya Lingkungan Nggaro Nangga hidup dengan kesederhanaan tanpa adanya sarana prasarana jalan, air bersih, dan pendidikan yang memadai. Serta tidak adanya Wali Kota terdahulu ataupun pejabat yang ingin datang ke Nggaro Nangga dikarenakan letaknya yang jauh serta kondisi jalan yang cukup sulit dilalui. Namun sekarang masyarakat Nggaro Nangga khususnya tidak perlu khawatir lagi dan sudah bisa tersenyum lebar. Karena beberapa aspirasi masyarakat Lingkungan Nggaro Nangga yang mengharapakan adanya perbaikan sarana air bersih, infrastruktur jalan, dan pembuatan MCK sudah bisa direalisasikan di tahun ini.

Bapak Wali Kota Bima H. M. Qurais H. Abidin menjelaskan bahwa dalam tahun ini Pemerintah dan juga DPRD sudah mengalokasikan anggaran yang tertuang dalam APBD yang di alokasikan untuk Kelurahan Kendo yang termasuk didalamnya Lingkungan Nggaro Nangga. Dalam sambutannya pada acara peresmian PKBM “MAKAWARA”, Bapak Wali Kota menjelaskan bahwa apa yang disampaikan oleh inisiator PKBM “MAKAWARA” tersebut secepatnya akan ditindaklanjuti dan direalisasikan. Beliau menjelaskan “Dalam APBD, kami bersama DPRD sudah mengalokasikan anggaran untuk Kelurahan Kendo. Dalam tahun ini akan ada beberapa proyek yang akan dilaksanakan di Kelurahan Kendo termasuk didalamnya Lingkungan Nggaro Nangga.

Bapak Wali Kota dalam sambutannya langsung menjawab semua aspirasi yang telah disampaikan oleh inisiator PKBM “MAKAWARA”. Beliau menjelaskan bahwa “Saya sudah 5 kali kesini, tapi saya tidak pernah memberitahukan kepada siapapun disini” jelasnya. Untuk masalah air bersih, Bapak Wali Kota juga menjelaskan bahwa, dalam anggaran APBD tahun 2012 telah dianggarkan dana untuk perluasan hidrant umum dan pipa dangkal sebesar 25 juta. Serta dana perbaikan saluran irigasi sebesar 55 juta. Selain itu Bapak Wali Kota juga menjaskan bahwa ada dana stimulan yang besarnya sekitar 20-25 juta yang bisa dimanfaatkan untuk pipa aliran air atau untuk membor mata air di Nggaro Nangga. Beliau menjelaskan “Ada dana stimulan yang bisa dimanfaatkan untuk membeli pipa, kalau mau kita bor saja mata air disini, mesin dan semua biayanya pemerintah yang akan tanggung” jelasnya. Sontak pernyataan Wali Kota ini langsung disambut dengan tepuk tangan yang sangat meriah dari masyarakat.

Sedangkan untuk masalah banyaknya aspirasi masyarakat yang mengharapkan dibangunnya MCK. Bapak Wali Kota juga menjelaskan bahwa tahun ini telah dianggarkan dana untuk pembangunan MCK di Kelurahan Kendo yaitu sebesar 74 juta. Dana ini tentu saja bisa dimanfaatkan juga oleh masyarakat yang ada di Lingkungan Nggaro Nangga. Sedangkan untuk perbaikan infrastruktur jalan, Bapak Wali Kota menjelaskan bahwa untuk saat ini belum ada pengalokasian anggaran untuk perbaikan jalan di Nggaro Nangga. Beliau menjelaskan “Jika alokasi untuk perbaikan jalan belum ada tahun ini, Mungkin nanti kita akan usulkan dalam rancangan APBNP” jelasnya. Selain itu Lurah Kendo juga mengharapakan dibangunnya Sekolah Dasar (SD) di Lingkungan Nggaro Nangga. Mengenai hal ini Bapak Wali Kota mengusulkan agar Lurah menyampaikan usulan secara tertulis agar bisa ditindaklanjuti dengan secepatnya.

Selain itu Bapak Wali Kota juga membacakan beberapa Anggaran yang masuk untuk kelurahan kendo anatara lain adalah anggaran untuk pembangunan perpustakaan SDN 37 Kota Bima sebesar 165 juta. Pengadaan buku referensi dan pelajaran sebesar 52 juta. Sarana alat elektronik sebesar 25 juta. Mebler perpustakaan sebesar 20 juta. Mebler sekolah sebesar 26 juta. Rehap ruang kantor dan ruang guru sebesar 150 juta. Selain itu ada juga dana bantuan untuk keperluaan Musholla sebesar 12 juta. Serta dana stimulan yang bekerjasama dengan mahasiswa KKN sebesar 4,6 juta. Beliau mengharapkan dengan banyaknya uang yang masuk semoga kehidupan masyarakat akan lebih baik karena tugas pemerintah adalah untuk membantu masyarakat dan mensejahterakan rakyat. Beliau menjelaskan ”banyak sekali uang yang masuk di Kelurahan Kendo khususnya SDN 37, yang tepuk tangan paling kencang saya yakin adalah guru-guru SDN 37” ungkapnya. Ungkapan Bapak Wali Kota ini langsung disambut dengan tepuk tangan dan senyum sumbringah dari guru dan masyarakat yang hadir.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...