Senin, 03 November 2014

Doco Fo'o Sambal Khas Bima Dompu

KM TNC. Bima Dompu terkenal dengan menu makanan yang serba asam nah yang satu ini merupakan sambal khas Bima Dompu yang jangan sampai dilewatkan dan bisa kita jumpai saat musim mangga, ya Doco fo'o yang artinya sambal yang bahannya utamanya dari buah mangga muda. Sambal ini sangat makyos jika disuguhi dengan ikan asin plus sayur bening dan sangat tepat disantap diwaktu santap siang selain itu Doco fo'o sangat tepat jika dimakan bersama daging kambing yang konon bisa mengurangi kelebihan lemak dari daging kambing tersebut.
Doco fo'o sangat mudah dibuat dan siapapun bisa meraciknya, berikut ini saya mencoba membagikan langkah-langkahnya :
1. pertama-tama pilihlah mangga yang muda, mangga tersebut diiris kecil-kecil seperti potongan-potongan kecil berbentuk silinder.
2. Irisan mangga tersebut diperas dengan garam sampai mengeluarkan air asam mangga tersebut dan dibuang.
3. Setelah air diperas iriskan tomat, bawang merah/daun bawang dan kemangi secukupnya dan jika ingin menambahkan garam dan penyedap lain (ficin).
4. Campuran tersebut dicampur hingga merata dan bagi yang hobi makanan yang bersantan bisa menambahkan campuran santan kelapa dan Doco Fo'o siap disajikan, selamat mencoba.
Mudahkan, silakan mencoba dan jika ingin berkunjung dan menikmati Doco Fo'o teman-teman bisa berkunjung di Bima Dompu dan teman-teman bisa memesannya. Doco fo'o merupakan sambal yang jarang dikomersilkan dan hanya disajikan bagi menu keluarga. 
Selain doco fo'o Bima Dompu juga memiliki banyak sambal lainnya diantaranya Oi Mangge (Air Asam) dll. Alamsyah

1 komentar:

  1. Salam, Saya mohon ijin untuk menyimpan gambar doco fo'onya ya? Terimakasih

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...