Rabu, 02 Juli 2014

Kisah Seorang Raja dan Tiga Pembantunya

KM TNC. Coba kita simak kisah seorang raja dengan pembantunya, mudah-mudahan bisa memberikan kita inspirasi ataupun renungan bagi kita. Berikut kisahnya, Dikisahkan ada seorang raja dengan tiga orang pembantunya. Ketiga pembantunya memiliki karakter masing-masing yang berbeda-beda. Pembantu pertama memiliki sifat jujur dan pekerja keras, sedangkan pembantu kedua kadang-kadang jujur dan mau bekerja keras. Adapun pembantu ketiga sama sekali tidak bisa diharapkan dan orangnya malas.



Suatu saat sang raja memanggil tiga pembantunya dan menyuruh mereka untuk memetik buah di pohon. Sang raja memberi syarat buah yang dipetik harus bagus dan sebanyak-banyaknya. Kemudian jika telah selesai sang raja meminta untuk membawa buah-buah tersebut kepadanya.
Pembantu pertama, yang jujur dan pekerja keras, mencari buah sampai ke ujung dahan dan mendapatkan buah yang bagus-bagus. Karungnya penuh dengan buah. Pembantu kedua, mengambil sedapatnya saja asalkan cukup memenuhi karung yang dia bawa. Sementara pembantu ketiga karena malas buahnya dicampur dengan bata dan rumput.
Saat buahnya disetorkan, raja bilang kalau tidak punya waktu untuk melihat buah di karung-karung itu. Dia malah memutuskan untuk memasukkan ketiga pembantunya ke dalam penjara. "Manfaatkan apa yang kamu bawa," kata raja.
Pembantu pertama, yang membawa buah banyak dan bagus, sepanjang di penjara bisa menikmati buah-buah itu, sedangkan pembantu kedua hanya bisa menikmati sedikit saja. Lalu bagaimana dengan pembantu ketiga? Bayangkan mau makan apa dia?
Penjara ibarat alam kubur kita. Saat di alam kubur kita mau makan apa? Yang bisa kita bawa adalah amal ibadah kita. Dalam hidup apapun ibadah atau kebaikan yang kita amalkan pada akhirnya akan kembali kepada kita sendiri. Mari cari dan amalkan kebaikan terlepas penilaian orang. Tidak apa-apa asalkan kita ikhlas melakukannya. Alamsyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...