Jumat, 16 Desember 2011

So Tolo Kawinda mulai masuki musim tanam padi

Bulan November sampai dengan Desember merupakan waktu yang sibuk untuk para petani di Kota Bima khususnya petani yang memiliki sawah di So Tolo Kawinda kelurahan Rabadompu Barat. Karena di bulan ini akan mulai kembali dilakukan kegiatan menanam padi. Setelah beberapa minggu yang lalu dilakukan penaburan benih untuk di tanam, minggu ini para petani sudah mulai menanam benih padi yang sudah cukup besar tersebut untuk di tanam. 


Sebelum menanam padi para petani So Tolo Kawinda beberapa hari terakhir ini mulai melakukan pembajakan sawah baik menggunakan tenaga mesin traktor maupun masih menggunakan tenaga sendiri dengan mencangkul. Hanya ada beberapa betani yang membajak sawah dengan mencangkul karena akan memakan waktu dan tenaga. salah satu petani yang masih membajak sawahnya dengan mencangkul adalah Ama Di. Diantara petani yang sibuk mencari pemilik traktor untuk disewa guna membajak sawah mereka, Ama Di tidak perlu repot-repot mencari dan mengeluarkan uang untuk menyewa traktor. Cukup dengan bermodal sebuah cangkul dan kesabaran, sawah Ama Di sudah selesai dibajak dan siap untuk menanam padi. 

So Tolo Kawinda merupakan kawasan persawahan yang cukup mudah untuk digarap. Karena areal ini tidak pernah kekurangan air, bahkan selalu lebih dikarenakan areal ini termasuk rendah dibandingkan dengan tanah disekitarnya. Sehingga air hujan dari daerah yang lebih tinggi akan mengalir ke areal persawahan ini. Ini musim tanam pertama di tahun yang baru. Tidak lupa Ama Di bersyukur atas hasil panen yang cukup memuaskan di tahun sebelumnya, dan mudah-mudahan tahun ini hasil panen bisa lebih ataupun minimal sama dengan hasil panen tahun lalu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...